Ini Tips Cari Rumah Lewat Internet

Membeli Rumah adalah salah satu keputusan terbesar dalam hidup Anda. Satu kesalahan kecil saja bisa membuat Anda rugi besar. Sayangnya, tak semua orang punya cukup waktu luang untuk melakukan survei secara cermat. Dikutip melalui laman Money Saving Expert, anda bisa menghemat waktu dan tenaga dalam melakukan survei dengan memanfaatkan internet. Berikut 7 tip memanfaatkan internet untuk Anda yang akan membeli rumah pertama dan yang ingin pindah ke rumah baru.

  1. Gunakan situs portal properti

Dahulu, mendatangi kantor agen properti menjadi satu-satunya cara untuk melihat apakah ada rumah idaman Anda di area yang diincar. Kini dengan internet, mencari rumah bisa dilakukan di mana saja. Banyak situs properti yang menyediakan berbagai pilihan. Meskipun begitu Anda tetap harus cermat dalam menanyakan harga.

  1. Konsultasi dengan agen properti

Beberapa rumah telah dijual sebelum tayang di situs. Jadi, ada baiknya membangun hubungan baik dengan para agen properti agar dikabari segera bila ada properti baru di daerah yang Anda inginkan. Beritahu mereka jenis properti yang Anda cari dan anggaran Anda. Mereka harus memiliki gambaran yang jelas tentang rumah idaman Anda. Ingat, agen properti akan bekerja keras berburu properti untuk Anda bila Anda calon pembeli yang serius.

  1. Cari tahu berapa harga rumah di sekitar area incaran

Dahulu, harga rumah hanya disimpan oleh agen properti atau broker. Kini Anda dapat memeriksanya sendiri melalui situs propeti. Ingat seperti asset yang lain, harga rumah bisa naik dan bisa turun seperti saham, tidak ada yang dapat memprediksinya dengan tepat.

  1. Periksa lingkungan rumah sebelum melakukan penawaran

Lihat kondisi lingkungan rumah, kunjungi taman di sekitarnya di waktu dan hari yang berbeda. Apakah tersedia fasilitas seperti toko. Dapatkan input juga dari penghuni setempat, mereka akan memberikan pandangan yang objektif.

  1. Berhati-hati terhadap resiko banjir

Banjir memiliki dampak yang besar. Baik nilai properti maupun kualitas hidup Anda akan menurun jika terkena kerusakan oleh banjir. Beberapa situs juga menyediakan info mengenai titik-titik rawan banjir.

  1. Dapatkan info rencana pembangunan di area tersebut

Cari informasi mengenai pembangunan di area properti yang diincar. Apakah ada bangunan tinggi dalam beberapa bulan ke depan? Dengan cara  ini Anda dapat memproyeksikan masa yang akan datang, selalu cari info terlebih dahulu sebelum mengajukan penawaran.

  1. Gunakan aplikasi untuk memantau listing

Kini banyak aplikasi Handphone yang menggunakan teknologi GPS untuk memberikan info adakah listing properti yang dijual dekat di mana Anda berdiri. Unduh aplikasi semacam ini untuk membantu Anda ketika di perjalanan atau sedang mencari di area incaran.   Sumber : Rumah.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *