Strategi Cicil Rumah yang Aman dan Nyaman

Bagi pasangan muda, membeli rumah secara cash rasanya cukup sulit dilakukan. Alhasil, penggunaan fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR) jadi solusi utama untuk memiliki rumah idaman.

Memiliki rumah melalui KPR, Anda hanya perlu menyiapkan uang muka sekitar 10% – 15% dari harga rumahnya, dan biaya kredit antara lain: biaya administrasi bank, biaya notaris, biaya asuransi jiwa, dan biaya-biaya yang terkait proses jual beli.

Sebagai contoh apabila harga rumahnya Rp500 juta, artinya uang muka yang harus dipersiapkan adalah Rp75 juta (DP 15%). Sementara cicilan bulan pertamanya sebesar Rp5.902.778 dengan asumsi tenor 15 tahun dan suku bunga tetap (fixed) 10%.

Jangan lupa, sediakan juga dana ekstra untuk membayar biaya-biaya kredit dengan kisarannya 4-6% dari limit kredit.

Dengan mengunakan KPR , keuntungan yang diperoleh adalah memiliki rumah tanpa harus membayar seharga rumah seluruhnya dan Anda dapat mengalokasikan dana yang dimiliki untuk kebutuhan lainnya.

Temukan Bank Terbaik

Tetapi, sebelum memutuskan untuk mencicil rumah, pastikan Anda sudah mengetahui pasti kondisi finansial diri sendiri. Sebab mengajukan KPR sama artinya dengan siap memiliki komitmen tinggi untuk melunasi angsurannya.

Apabila sudah merasa sangat siap, maka selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mencari bank penyedia fasilitas KPR yang tepat.

 

Sumber: okezone.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *