Rancang Dapur Minimalis dengan Bujet Rp5 Jutaan

Memiliki dapur bergaya minimalis sangat pas untuk rumah mungil atau mereka yang senang dengan penataan rapi dan sederhana. Tampilan minimalis bisa membuat dapur yang terkesan penuh dan pengap menjadi lebih nyaman dan bersih untuk ditempati.

Jadi, jika saat ini dapur Anda diisi terlalu banyak lemari dan rak-rak yang tidak terpakai secara maksimal, yuk ubah dapur dengan gaya minimalis yang stylish!

Renovasi total

Untuk Anda yang ingin mengubah tampilan dengan membongkar dinding dan mengganti keramik,  maka sudah pasti dibutuhkan renovasi total dengan menghabiskan biaya yang lebih besar.

Sebagai contoh, untuk dapur berukuran 2×6 meter saja, Anda harus menyiapkan dana kurang lebih Rp20juta sebagai perkiraan.

Biaya tersebut sudah mencakup pembelian dinding batako, rangka atap baja ringan, atap asbes, rangka plafon, instalasi pipa air, dak toren, lantai keramik dan meja dapur beserta wastafel cuci piring.

Renovasi ringan

Sementara jika dapur sudah terbentuk dan Anda hanya ingin mengubah penataan furnitur di dalamnya, maka estimasi biaya yang harus disiapkan kurang lebih Rp5 juta.

Dapur minimalis yang ingin Anda rancang sebenarnya lebih menitikberatkan pada model countertop dan kitchen set. Untuk itu pertama-tama buat desain kitchen set (berupa kabinet atas dan bawah) yang disesuaikan dengan luas dapur.

Anda bisa memesannya di toko kerajinan kayu atau membelinya di toko ritel terdekat. Dengan estimasi material multipleks dan finishing HPL, biaya yang dikeluarkan kurang lebih Rp2,5 juta. Namun bisa lebih murah tergantung pada jenis materialnya

Sementara itu, untuk aksesoris seperti rak piring, ambalan, wadah sendok dan gelas Anda bisa membelinya di toko peralatan rumah tangga dengan kisaran harga total Rp1 juta.

Backpanel atau dinding dapur juga perlu diberi kesan minimalis. Selain material keramik, Anda juga bisa menambah glass block dengan ragam warna, corak dan kontur sesuai selera. Harga glass block untuk dimensi 380x15x80 berada di kisaran Rp1 juta.

Terakhir, countertop atau table top juga harus diberi lapisan keramik supaya tahan lama dan mudah dibersihkan. Estimasi biaya keramik bisa mencapai Rp500ribu sesuai dengan jenis yang Anda pilih.

Jadi, secara total Anda bisa mendapatkan dapur minimalis dengan mengeluarkan biaya kurang lebih Rp5 juta.

Sumber : : liputan6.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *