November 16 2017 0Comment

Potensi Ekonomi Depok, Tantangan atau Peluang?

Sebagai wilayah paling strategis di Provinsi Jawa Barat, Kota Depok memberi pengaruh  kuat terhadap pertumbuhan ekonomi wilayah sekitarnya. Hal ini tentu saja lantaran letak dan posisinya sebagai penyangga Ibukota Jakarta.

Kondisi tersebut juga menjadi peluang sekaligus tantangan agar Kota Depok mampu menyelaraskan potensi ekonomi yang dimiliki dengan arah tata kelola pemerintahan.

Di samping, sejak tahun 2008 silam, lebih dari separuh penduduk Kota Depok termasuk kelompok usia produktif. Oleh karenanya, tantangan ekonomis dalam jangka pendek adalah menyediakan lapangan kerja dan memperluas kesempatan kerja melalui pengembangan ekonomi lokal yang tepat.

Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Kota Depok menilai perkembangan ekonomi di wilayahnya cukup pesat namun kurang menyentuh Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UKM).

Perhatian Pemerintah Kota Depok dan stakeholders terkait melalui program pemberdayaan dan pengembangan UMKM dinilai belum menyeluruh dan kontinu menyentuh seluruh potensi UMKM yang ada.

Padahal pelaku UMKM perlu mendapat perhatian penuh dari semua pihak, sehingga perkembangan ekonomi di Kota Depok tidak hanya dinikmati segelintir pengusaha berkantong tebal.

Mengatasi permasalahan ini, Project Director Cimanggis City, Sanggam Sitorus, mengaku pihaknya akan andil dalam memberikan solusi dengan menyediakan unit-unit ruko harga terjangkau bagi UMKM. “Jadi yang kami ciptakan bukan hanya apartemen saja, tetapi juga ruang komersil yang dibutuhkan pelaku usaha,” katanya kepada Rumah.com.

Suber: Liputan6.com

humaikon

Write a Reply or Comment