February 12 2016 0Comment

Perawatan Properti : Sangat Penting bagi Investasi

Properti adalah investasi bernilai tinggi yang harus selalu dirawat dengan baik agar menghasilkan capital gain dan yield. Properti yang tak terawat akan rentan terhadap kerusakan, sehingga tak akan membawa banyak keuntungan bagi pemiliknya saat dijual atau disewakan.

Sebagai ilustrasi, dua rumah di sebuah kompleks perumahan dengan tipe dan bentuk bangunan yang sama, akan memiliki harga jual dan harga sewa yang berbeda jika salah satunya tak terawat dengan baik.

Menurut Tung Desem Waringin, investor properti dan motivator ternama Indonesia, perawatan properti meliputi masalah eskternal dan internal. Perawatan perlu dilakukan secara berkala agar nilainya tetap tinggi setiap tahun.

Untuk merawat properti, ada beberapa hal yang perlu dilakukan:

1. Hindari Kebocoran Air
Jangan biarkan properti Anda mengalami kebocoran air di kamar mandi, dapur, dan tempat-tempat lain. Gantilah pipa air dan keran yang rusak dengan yang baru. Pastikan pasokan air yang teratur dan tangki penyimpanan air dibersihkan secara teratur dan tidak mengalami kebocoran. Jika pasokan air berasal dari sumur, maka harus dibersihkan secara teratur.

2. Periksa Jaringan Listrik
Lakukan pemeriksaan kelengkapan listrik seperti lampu, kabel, dan switch. Ganti dan perbaiki jika ada masalah. Hal ini penting karena gangguan listrik dapat menyebabkan banyak masalah dan mengakibatkan aktivitas lumpuh.

3. Hati-hati Ancaman Hama
Rayap dan tikus adalah hama yang biasa ditemukan di dalam rumah yang perlu dibasmi, karena dapat menyebabkan banyak kerusakan.

4. Jaga Keamanan Properti
Pagar, gerbang utama, pintu masuk lain, atau tempat keluar harus dipelihara dengan baik sehingga penyusup tidak dapat masuk dengan mudah.

5. Rawat Taman dan Perkarangan
Taman atau perkarangan bunga harus dirawat dan rumput sebaiknya dipangkas secara teratur. Properti yang indah akan menarik pembeli dan juga membuat harga jual tinggi.

“Jika semua hal ini tidak dapat dilakukan sepenuhnya oleh pemilik properti, mungkin karena si pemilik memiliki lebih dari satu properti, maka dia perlu menggunakan bantuan dari perusahaan manajemen properti untuk mengurus semua hal yang berhubungan dengan perawatan properti,” pungkas Tung.

humaikon

Write a Reply or Comment