June 21 2016 0Comment
jalan tol trans sumatra, lampung, bakauheuni, metro, bandar lampung

Pemerintah Upayakan Tol Terbanggi Besar-Bakauheni Dibuka Pada Lebaran 2016

Pemerintah tengah berupaya untuk mengoperasikan Tol Trans Sumatera pada musim Lebaran 2016. Pengoperasian ini difokuskan pada ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, Lampung. Menteri Pekerjaan Umum dan perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, ada sisa pembebasan lahan yang telah diselesaikan penggantian kerugiannya.

“Ini kan ada yang baru dibayarkan kemarin, yang satu kilometer itu. Kita akan coba (operasikan),” ujar Basuki usai peresmian pembangunan Jalan Tol Batang-Semarang, Batang, Jawa Tengah, Jumat lalu. Menurut Basuki, sebagian ruas tol ini sebenarnya sudah dilakukan konstruksinya. Namun, untuk pembangunan keseluruhan masih terhambat karena ada sisa pembebasan lahan sepanjang 1 kilometer.

Pada kesempatan lain, Kepala Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna menambahkan, tertundanya pembebasan lahan membuat pembangunan jalan tol terhambat sehingga tidak tersambung antara satu gerbang ke gerbang yang lain. Namun, saat ini, masalah pembebasan lahan sudah selesai dan biaya ganti rugi telah dibayarkan. Selanjutnya, tahap pembangunan tol tersebut adalah pengosongan lahan dari bangunan. “Tinggal kita (pemerintah) dari sekarang hingga ke Lebaran ini bisa engga, mengejar konstruksinya. Karena, kan rumah (penduduk) harus kosong dulu,” kata Herry.

Total panjang ruas tol ini sendiri adalah 140 kilometer. Sementara bagian tengah diupayakan untuk berfungsi pada Lebaran tahun 2016 adalah sepanjang 16-18 kilometer. Jalan yang akan dibuka secara fungsional terbagi di 2 lokasi yaitu Lematang-Kota Baru sepanjang 3,99 kilometer dan Branti-Metro sepanjang 12,09 kilometer.

Sumber : Kompas.com

humaikon

Write a Reply or Comment