December 14 2017 0Comment

Milenial Mesti Tahu Kalau Kebutuhan Ada 3 Lho, Trus Properti Masuk Mana?

Pangan, sandang, papan. Kamu pasti belajar tiga hal ini di sekolah kan? Tiga kebutuhan utama yang harus dipenuhi yaitu pangan, sandang, dan papan.

Pangan sudah tentu makanan. Sandang adalah pakaian. Sementara papan adalah hunian. Kamu harus makan sehari tiga kali, kamu harus memakai baju, tetapi soal rumah biasanya nanti dulu kan?

Buat generasi milenial, kepemilikan rumah menjadi hal yang tidak diutamakan. Mereka lebih memilih travelling, nongkrong, dan belanja.

Banyak yang memilih menunda membeli hunian, padahal harga rumah dan apartemen terus naik. Saat kamu menunda, harganya tidak bisa ditunda.

Perencana keuangan alias financial planner M. Kharisma RFC (Registered Financial Consultant) memaparkan tips sederhana untuk mengetahui soal kebutuhan dasar.

“Simpel, kita nggak bisa bedakan mana yang butuh, mana yang pengen. Masyarakat bingung. Sebenarnya ada tiga kategori, must have, nice to have, sama non to have,” ujar Kharisma kepada Rumah123.

“Kalau bisa bedakan itu, kita bisa tentukan must have. Tentunya must have-nya bukan travelling, belanja, atau nongkrong,” lanjutnya.

Kharisma memaparkan kalau pangan, sandang, dan papan sudah tentu hal yang harus dimiliki. Yang lain bisa masuk dalam kategori yang boleh dimiliki dan tidak perlu dipunyai.

Kalau kamu merasa papan alias hunian alias properti alias rumah tidak perlu dimiliki, lantas kenapa sejak dulu ada tiga kebutuhan dasar yang harus dipenuhi?

Kalau kamu merasa tidak memiliki cukup uang untuk membeli properti, kok bisa jalan-jalan ke Jepang atau China, nongkrong setiap hari di cafe, gonta ganti smartphone mahal?

Nah, kalau begini, berarti kamu belum bisa membedakan kebutuhan dan keinginan. Mana yang harus dimiliki, bagus untuk dipunyai, dan sama sekali tidak perlu dimiliki.

Sumber: rumah123.com

humaikon

Write a Reply or Comment