Kondisi Politik Bayangi Sektor Properti pada Semester II 2018

Pasar properti diprediksi bagus pada semester I 2018. Namun begitu, kondisi politik akan pengaruhi sektor properti pada semester II 2018.

Ignatius Untung, Country General Manager Rumah123.com mengatakan, panasnya situasi politik pasca-Juli tahun depan turut berdampak pada sektor properti.

“Prediksi untuk semester satu 2018 bagus. Pelaku industri properti akan gencar mengembangkan usahanya mulai dari Januari hingga bulan-bulan awal setelah Idul Fitri pada Juni,” kata Ignatius di kantornya, Rabu (20/12/2017).

Di sisi lain, dia belum bisa memperkirakan situasi pada semester II 2018. Menurut dia, itu adalah saat tensi politik mulai meninggi jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

“Kita belum bisa memastikan secara pasti bagaimana sektor properti pada enam bulan terakhir tahun depan, masih wait and see,” kata dia.

“Adanya Pilpres juga sebenarnya turut menggerakkan ekonomi, seperti pengusaha sablon yang ramai orderan dari pihak yang mau berkampanye. Nah, bisa saja kemudian para pengusaha itu melarikan uang tambahannya ke properti,” tambah dia.

Untuk prediksi lebih lanjut perihal pasar properti di tahun depan, Ignatius menjelaskan pihaknya akan mengadakan properti outlook pada 17 Januari 2018.

Sejumlah lembaga negara direncanakan turut diundang pada acara tersebut, seperti Badan Kebijakan Fiskal (BKF), Badan Pusat Statistik (BPS) dan Bank Indonesia (BI).

 

Sumber: Liputan6.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *