October 17 2017 0Comment

Inspiratif..! Kerajinan Dari Botol Plastik Yang Menggugah

Perlu Anda ketahui, berdasarkan penelitian pada awal tahun ini, ternyata Indonesia menempati urutan nomor dua dalam daftar negara yang paling banyak membuang sampah plastik di lautan.

Hal ini tentunya tidak terlalu mengherankan mengingat masyarakat Indonesia selalu menggunakan kantong plastik dan botol plastik hampir setiap hari.

Diantara beragam jenis sampah yang dihasilkan oleh industri rumah tangga, sampah plastik ini merupakan salah satu jenis sampah yang paling sulit untuk diuraikan oleh alam. Sehingga butuh waktu yang sangat lama, bahkan bisa sampai ratusan tahun lamanya untuk bisa terurai secara alami.

Padahal kalau kita perhatikan, dalam keseharian kita tentu tak pernah lepas dari penggunaan plastik, baik berupa kantong plastik ataupun wadah atau kemasan makanan.

Tapi daripada saling menyalahkan berbagai pihak mengenai permasalahan lingkungan ini, alangkah lebih baik jika dimulai dari diri kita sendiri, terutama bagi yang mencintai lingkungan.

Dengan sedikit kreativitas dan usaha, tentunya kita bisa memperpanjang umur dan juga manfaat dari sampah botol plastik ini agar tidak menumpuk di tempat sampah.

Nah salah satu solusi cerdas dalam menangani masalah ini adalah dengan melakukan daur ulang menjadi kerajinan dari botol plastik, yaitu memanfaatkan atau mengolah kembali sampah plastik menjadi suatu benda atau kerajinan yang berguna bagi kehidupan kita.

Dan Salah satu sampah plastik yang memiliki potensi untuk didaur ulang dan dikreasikan adalah botol plastik.

Anda bisa dengan mudah mengolah botol-botol plastik itu menjadi berbagai macam benda atau barang dengan menggunakan peralatan sederhana dan proses pembuatannya juga mudah. Misalnya membuat botol plastik menjadi tempat atau wadah penyimpanan.

Menariknya, dengan proses kreatif yang terus menyala, kerajinan dari botol plastik bisa menghasilkan banyak sekali variasi produk. ada banyak produk yang bagus. Dan itu bisa ditiru. Nah kali ini admin sengaja ingin memberikan beberapa produk dari botol plastik menjadi kerajinan dari botol plastik.

Salah satunya membuat Kanopi Rumah

Cara membuat kanopi atap rumah dari botol bekas cukup sederhana. Siapkan banyak botol bekas. Isi botol bekas tersebut dengan air yag telah diberi warna. Gantung botol-botol tersebut secara rapat sehingga menjadi atap kanopi.

 

Sumber: rumahmesin.com

humaikon

Write a Reply or Comment