Gratis, Lintasi Tol Pertama di Lampung Hingga Masa Mudik Lebaran

Tol Bakauheni-Terbanggi Besar yang merupakan jalan bebas hambatan pertama di Lampung, bisa dilalui tanpa tarif hingga Juni atau masa mudik Lebaran 2018 sebagai bagian dari sosialisasi kepada masyarakat.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Herry Trisaputra Zuna mengatakan kepada Kompas.com, Minggu (21/1/2018).

“Iya gratis sampai Juni bersama segmen tol yang lain,” ujar Herry.

Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar yang baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo, dirancang sepanjang 140,9 kilometer. Dari total panjang itu, yang baru selesai pembangunannya 14,5 kilometer.

Jalan tol yang diresmikan ini mencakup Bakaheuni-Terbanggi Besar Paket 1 Bakauheni-Sidomulyo, yaitu Segmen Pelabuhan Bakauheni-Simpang Susun (SS) Bakauheni sepanjang 8,9 kilometer serta Paket 2 Sidomulyo-Kotabaru, yakni Segmen SS Lematang-SS Kotabaru sepanjang 5,6 kilometer.

Sebagai simbol infrastruktur logistik Nasional, Presiden Jokowi menaiki truk untuk meninjau Tol Bakauheni-Terbanggi Besar yang diresmikan pada Minggu (21/1/2018).
Sebagai simbol infrastruktur logistik Nasional, Presiden Jokowi menaiki truk untuk meninjau Tol Bakauheni-Terbanggi Besar yang diresmikan pada Minggu (21/1/2018).(Biro Setpres)

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan, kehadiranĀ bertujuan untuk menurunkan biaya logistik nasional selain Jalan Lintas Timur Sumatera yang sudah ada.

Ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar merupakan salah satu dari 24 ruas Tol Trans Sumatera yang dikembangkan oleh PT Hutama Karya melalui penugasan dari Pemerintah dan ditetapkan sebagai proyek strategis nasional (PSN).

Meski dari sisi kelayakan finansial masih sangat kecil memberikan keuntungan bagi investor, namun tetap dibangun karena menjadi kebutuhan untuk memenangkan persaingan global.

Secara umum, progres konstruksi Tol Bakauheni-Terbanggi Besar sudah 65,65 persen dan progres pembebasan lahan 95,2 persen.

“Untuk Bakauheni-Terbanggi besar, saya optimis dapat terhubung Juli 2018. Kita dorong untuk terus ke Kayu Agung hingga ke Palembang juga bisa segera selesai,” kata Basuki.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memberikan penjelasan terkait Tol Bakauheni-Terbanggi Besar kepada Presiden Joko Widodo. 14,5 kilomtere jalan tol ini diresmikan pada Minggu (21/1/2018).
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memberikan penjelasan terkait Tol Bakauheni-Terbanggi Besar kepada Presiden Joko Widodo. 14,5 kilomtere jalan tol ini diresmikan pada Minggu (21/1/2018).(Biro Setpres)

Pembangunan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar terbagi dalam 4 paket yakni Paket 1 dari Bakauheni ke Sidomulyo sepanjang 39,40 kilometer, dengan kontraktor PT PP (Persero) Tbk.

Paket 2 dari Sidomulyo ke Kotabaru sepanjang 40,6 kilometer dengan kontraktor PT Waskita Karya (Persero) Tbk.

Paket 3 dari Kotabaru ke Metro sepanjang 29 kilometer dikerjakan oleh PT Adhi Karya (Persero) Tbk, dan paket 4 dari Metro ke Terbanggi Besar sepanjang 31,93 kilometer, dikerjakan oleh PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.

Dari sisi pembiayaan, ruas Bakauheni-Terbanggi Besar menelan investasi sekitar Rp 16,8 triliun yang dipenuhi dari porsi modal atau ekuitas sudah 52 persen dan 48 persen melalui skema pinjaman perbankan.

 

Sumber: kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *