November 09 2015 0Comment

Ekspansi Alfaland Group di sektor properti

JAKARTA. Djoko Susanto, pemilik riteler Grup Alfamart, memperlebar kerajaan bisnis ke sektor properti melalui PT Perkasa Internusa Mandiri (PIM) atau Alfaland Group. Yang terbaru, perusahaan ini meluncurkan sebuah hotel di Cirebon, Jawa Barat pada 5 November 2015 bernama Cordela Hotel Cirebon di bawah payung Omega Hotel Management. Sayangnya, Djoko selaku pendiri dan pemilik Alfaland Group, enggan membeberkan ekspansi bisnis di bidang properti ini. “Saya tidak menangani ini,” katanya pada Jumat (8/11).

Begitupula dengan Solihin, Corporate Affairs PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk yang hadir dalam peresmian Grand Opening di Cordela Hotel Cirebon, juga enggan menyampaikan rencana bisnis Alfaland ke depan.“Untuk Alfaland saya tidak dapat berkomentar karena berbeda direksi,” jelasnya.

PIM berdiri pada 17 Maret 1999 oleh Djoko Susanto, Liliana Tanuwijaya dan Hanto Djoko Susanto. Pada awal bisnis, PIM mengakuisisi 12 hektar (ha) lahan di Lodan, Ancol-Jakarta Utara. Selanjutnya, perusahaan ini memperluas daerah dengan kepemilikan 15 ha. Selama 15 tahun PIM telah menjelma menjadi entitas berbeda dengan merek Alfaland. Kini, perusahaan memiliki tiga segmen properti, yaitu gedung perkantoran, hospitality dan real estate.

Sepanjang 2015 ini, Alfaland telah mempublikasikan sejumlah proyek, di antaranya pembangunan Alfa Tower sebuah gedung perkantoran 30 lantai yang akan berdiri di atas tanah seluas 19,439 meter persegi (m2) di Tangerang. Bangunan yang telah groundbreaking pada 3 Maret 2014 ini direncakan akan selesai di bangun bulan Juli 2016.

Di proyek hunian, perusahaan ini juga akan mendirikan apartemen bernama Kingland Avenue Apartment di Serpong, Tangerang Selatan. Dalam pembangunan proyek ini, Alfaland menggandeng investor asal luar negeri yakni Kingland Concept Hongkong yang meluncur pada April 2015.

Terakhir, perusahaan ini kembali membangun proyek hospitality, yaitu meluncurkan Cordela Hotel Cirebon pada bulan ini. Hotel ini adalah hotel kedua setelah Cordela Hotel pertama yang berada di kota Medan, Sumatera Utara. Pembangunan hotel di Cirebon ini mengikuti kesuksesan pendirian hotel pertama yang mencapai tingkah hunian 75% per bulan.

Sumber : kontan.co.id

humaikon

Write a Reply or Comment