May 13 2018 0Comment

Bulan Ramadan Waspadai Pengeluaran Demi Rumah Impian

Jakarta Bulan Ramadan waspadai pengeluaran demi rumah impian, jika Anda memang ingin punya rumah sendiri. Apa pasal? Dibandingkan hari-hari lainnya, menjalani hari-hari di bulan Ramadan atau bulan puasa biasanya akan bikin orang cenderung jadi lebih konsumtif, lebih boros.

Jika biasanya gaji Anda mulai menipis saat seminggu sebelum gajian lagi, maka di bulan Ramadan bisa jadi sudah tinggal ampas meski puasa baru berjalan dua minggu. Kalau sudah begini lantas bagaimana mau menabung untuk DP beli rumah? Atau jika Anda dalam masa angsuran KPR, bisa-bisa uang buat bayar cicilan rumahnya malah terpakai.

Ya, meski di bulan Ramadan orang harus berpuasa, tidak boleh makan dan minum dari pagi hingga sore hari, tapi kenyataannya pengeluaran bukannya berkurang malah bertambah. Ini mungkin karena banyak orang yang kelewat larut dalam nuansa Ramadan sehingga menjalaninya dengan berlebihan

Padahal sesuai ajaran agama Islam, segala yang berlebihan juga tidak disarankan. Jadi, bulan Ramadan waspadai pengeluaran demi rumah impian, seperti pengeluaran berikut ini.

Berbuka secara berlebihan

Di bulan Ramadan biasanya banyak penjaja makanan yang menawarkan beragam menu berbuka puasa, mulai dari bubur sumsum, kolak biji salak, es campur, hingga makanan berat lainnya. Di saat perut tengah keroncongan, beragam menu yang menggugah selera ini tentu saja bisa bikin Anda mudah khilaf, jajan membabi buta.

Selain itu, nuansa Ramadan yang istimewa juga membuat Anda merasa perlu memanjakan lidah dan perut Anda dengan santapan spesial. Alhasil, Anda jadi lebih sering membeli makanan di restoran atau banyak bikin makanan di rumah. Dompet pun dirogoh lebih dalam demi memuaskan nafsu Anda.

Padahal, usai berpuasa, perut malah jadi mudah kenyang. Dan berbuka dengan makanan manis memang disunahkan, tapi juga jangan berlebihan karena berisiko meningkatkan tekanan darah dan kadar gula Anda.

Manfaatkan untuk Menambah DP Rumah

Terlalu sering berbuka di luar rumah

Bulan Ramadan biasanya juga jadi ajang berkumpul bersama teman-teman sehingga banyak sekali undangan berbuka puasa bersama yang harus Anda hadiri. Menyambung tali silaturahmi memang tidak salah, tapi jika terlalu sering bisa bikin dompet Anda kering kerontang.

Berapa uang yang Anda keluarkan setiap kali makan di luar saat buka puasa bersama teman? Minimal pasti di angka Rp100 ribu. Lalu coba saja dikalikan berapa acara buka puasa bersama yang Anda hadiri. Jika dihitung-hitung jumlahnya pasti lumayan banyak. Bayangkan jika uang tersebut digunakan untuk menambah tabungan DP rumah.

Simulasikan hitung-hitungan cicilan KPR Anda perbulannya dengan kalkulator KPR persembahan Rumah.com agar bisa mengukur kisaran harga rumah yang sesuai kemampuan finansial Anda.

Itulah sedikit pengeluaran yang harus diwaspadai di Bulan Ramadan. Dan untuk artikel lengkapnya, simak hanya di Rumah.com.

Sumber: liputan6.com

humaikon

Write a Reply or Comment